Jumat, 19 Oktober 2012

Posisi Tidur Menentukan Kesehatan





posisi-tidur-menentukan-kesehatan

Saat tidur di malam hari, manusia rata-rata bergerak sebayak 2 sampai 4 kali dalam satu jam. Menurut Eric Olson, MD kepala Mayo Clinic Center for Sleep Medicine di Rochester, Minnesota. "Itu sangat normal, dan kamu akan tetap tertidur nyenyak sampai pagi," katanya.

Pilihan posisi tidurmu dapat mengakibatkan sakit leher, punggung, gangguan perut, bahkan kerutan dini. Jadi pilihlah posisi yang terbaik untuk mu berikut ini..

Posisi Terlentang
tidur-terlentang.jpg

Baik untuk: mencegah sakit leher dan punggung, meminimalkan keriput dan mempertahankan bentuk indah payudara bagi wanita.

Sebab: posisi terlentang memudahkan kepala, leher dan tulang belakang untuk mempertahankan posisi netral. Juga baik untuk mengatasi acid reflux, "Jika posisi kepala lebih tinggi, asam lambung dan makanan tidak bisa naik ke atas," menurut Dr. Olson. Posisi ini juga membantu penundaan munculnya keriput, karena tidak ada yang mendorong atau menarik wajah.

Perlu dipertimbangkan: bukan posisi terbaik untuk kamu yang suka mendengkur.

Bantal: satu bantal empuk. Tujuannya adalah untuk menunjang posisi kepala dan leher jadi tidak perlu terlalu tinggi.

Posisi Menyamping
tidur-menyamping.jpg

Baik untuk : Ibu hamil dan bagi yang suka mendengkur.

Sebab: posisi samping menjaga tulang punggung tetap memanjang, jika kamu menderita acid reflux ini adalah posisi kedua terbaik setelah terlentang. Untuk ibu hamil sebaiknya tidur menyamping di sisi kiri, ideal untuk aliran darah.

Perlu dipertimbangkan: posisi ini dapat menyebabkan payudara turun dan dapat menimbulkan keriput di wajah karena posisi wajah terkekan ke bantal.

Bantal: satu yang tebal. Untuk mengisi rongga di antara bahu sehingga kepala dan leher ada yang menopang.

Posisi Telungkup
tidur-telungkup.jpg

Baik untuk : yang suka mendengkur.

Sebab: posisi menghadap ke bawah membuat saluran nafas bagian atas lebih terbuka. Jadi kalau kamu tidak memiliki masalah dengan punggung dan leher tapi suka mendengkur posisi ini tidak apa-apa untuk dicoba.

Perlu dipertimbangkan: posisi ini yang paling tidak disarankan, karena sulit untuk mempertahankan posisi netral tulang belakang. Selain itu posisi ini memberikan tekanan pada sendi dan otot yang dapat mengganggu saraf dan mengakibatkan rasa sakit, mati rasa, dan kesemutan.

Bantal: satu yang tipis atau malah tidak perlu sama sekali.

Sudah menemukan posisi yang ideal untukmu? Selamat mencoba. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar